Saturday, December 22, 2012

History of WWW

    WWW, atau World Wide Web, merupakan sebuah wadah/ medium informasi global yang bisa kita akses menggunakan komputer yang terhubung internet. Sebenarnya kalau dibahas-bahas lebih lanjut, jadinya bakalan mirip dengan yang ini. Kenapa? ya, karena kita bakal bertemu orang yang sama, di era yang sama juga :) Tim Berners-Lee!!

hmm...ada yang panggil saya? :p

    Tim Berners-Lee, atau terkenal dengan julukannya sebagai Bapak Teknologi ini menyumbangkan temuannya secara utuh, WWW kepada dunia!! WWW ini, diberikannya dengan bundel berupa HTML, URI dan HTTP yang bahkan sampai sekarang masih dipakai sebagai pondasi/ landasan dari WWW tersebut.
    Kembali ke sejarahnya, walaupun akan sama dengan topik sebelumnya di HTML VS HTML5. Dulu saat Tim Berners-Lee masih berada di CERN, dia mengajukan suatu sistem untuk berbagi dokumen untuk coleganya di daerah jauh. Setelah melakukan penelitian untuk beberapa waktu akhirnya dia berhasil menciptakan WWW dan bundelnya itu.
    Dari penemuan awalnya, WWW ini sudah diupdate beberapa kali. Web 2.0 yang membuatnya semakin personal dan dinamis, juga Web 3.0 yang membuatnya menjadi semantik dari linked data. Update ini berasal dari W3C (World Wide Web Consortium) yand didirikan pada tahun 1994 untuk memastikan bahwa web bisa bekerja untuk semua orang dan bisa berkembang secara bertanggung jawab.

No comments:

Post a Comment