Friday, December 21, 2012

Progress in Game Industry

    Game Industri beberapa tahun ini makin gencarnya membuat inovasi-inovasi baru pada game mereka. Bagaimana XBOX360 memulai sistem Achievement pada game-gamenya untuk menghargai kerja keras para usernya yang akhirnya diikuti oleh sony pada PS3nya, bagaimana Angry Birds berhasil didownload sampai 1 milyar kali lebih karena natural flow yang ada pada game tersebut, dan masih banyak contoh lainnya.
    Konon katanya asal usul video game ada pada awal sebuah tabung sinar katoda yang berbasis pertahanan peluru kendali sistem di akhir 1940-an. Program-program ini kemudian diadaptasi ke dalam permainan sederhana lainnya di era tahun 1950-an. Secara bertahap, game-game ini menjadi bertambah kompleks dan canggih. Video game ini pun pada akhirnya berpencar ke berbagai platform: Arcade, Mainframe, Console, PC, dan akhirnya Handheld.

Magnavox Odyssey
Konsol Game pertama di Dunia

    Dulu saat game pertama kali dibuat, mindset para penciptanya mungkin adalah membuat sebuah alat khusus untuk memainkan sebuah game. Pemikiran tersebut mulai berubah seiring berkembangnya Industri Game di dunia. Mulai bermunculan Konsol game yang bisa di ganti Cartridge/ Gamenya. Dimulai oleh Fairchild yang menciptakan VES (Video Entertainment System) dan diikuti oleh produsen-produsen lainnya.

Fairchild Channel F
the first Cartridge-based Video Games


    Pada tahun 1983, dunia video game mulai ambruk dikarenakan game-game yang kurang kreatif dan juga saat itu PC menjadi semakin canggih. Orang lebih memilih membeli PC ketimbang Konsol video game karena, selain untuk bermain game PC juga produktif untuk bekerja (ya, saat itu game sudah diimplementasikan ke dalam PC). Hal ini bahkan masih berlanjut hingga saat ini.
    Hanya tinggal menunggu waktu sampai game diimplementasikan secara utuh ke dalam Virtual Reality

No comments:

Post a Comment