Thursday, October 4, 2012

HTML Vs HTML5


     HTML, atau HyperText Markup Language. Bahkan orang yang nggak tau kepanjangan dan artinya akan mikir "aah..itu istilah Komputer". Ya, HTML ini merupakan salah satu singkatan yang sering terdengar di dunia IT. Bagaimana tidak, HTML ini merupakan standard dari Markup Language bla bla bla...yah, intinya bahasa web yang terkenal :p
     Nah, untuk tau key point dari HTML vs HTML5 ini kita harus liat sejarah pertama kalinya dibuat HTML dahulu. Di tahun 1980, Tim Berners-Lee mengajukan sebuah sistem untuk share dan memakai document di Organisasi tempatnya bekerja (CERN). Berners-Lee juga mengajukan HyperText berbasis internet pada sistem ini. Ya, disinilah awal mula HTML itu. (udah deket finish nih sejarahnya, sabar ya xD). Time skip sampai bahasanya pertama kali dipublikasi :p. Saat itu, bahasa HTML ini lumayan terpengaruh oleh bahasa yang sebelumnya mereka gunakan di CERN yaitu SGMLguid (Standard Generalized Markup Language) khususnya pada bagian hyperlink tagnya. Bahkan saat pembuatan pun si pencipta ini masih nganggap kalo HTML ini cuma Aplikasi dari SGML itu sendiri. Sip, selesai sudah bahas sejarahnya yaay xD.
     Nah, setelah saya baca sana sini untuk referensi, yang dibahas selalu saja HTML4 vs HTML5. Tanya kenapa? karena dari HTML sampai HTML4 itu perubahannya memang terkesan..upgrade doang, dibanding saat transisi ke HTML5 (dan memang yang jadi standard ISO sekarang HTML4). Dari HTML4 ke HTML5 ini, saya kutip dari wiki aja ya :) "Although its syntax closely resembles that of SGML, HTML5 has abandoned any attempt to be an SGML application and has explicitly defined its own "html" serialization,...". Jadi HTML5 bisa dibilang saat HTML memulai originalitasnya. Baru deh ta' kasih perbedaannya.


No comments:

Post a Comment