Friday, October 12, 2012

JavaScript

     Again, saya bakal bahas bahasa pemrograman disini. Bahasa pemrograman yang bakal saya bahas kali ini adalah JavaScript. Pada dasarnya walaupun sama-sama bahasa pemrograman, JavaScript berbeda dari C atau C++. Bedanya adalah, JavaScript adalah bahasa scripting dan C/C++ adalah bahasa programming biasa. Apalagi nih bedanya bahasa scripting dan yang biasa? Bahasa scripting ini support terhadap penulisan script, program untuk lingkungan sebuah software yang mana akan mengotomatisasikan diri pada eksekusi suatu task. (contoh: Windows pop-up). Bahasa Scripting bisa di embed kedalam HTML, karena itu mereka biasa digunakan untuk menambahkan fungsionalitas ke dalam sebuah halaman web sebagai client-side programming. Dan juga, bahasa yang kita bahas saat ini merupakan bahasa scripting yang paling sering digunakan pada web saat ini.
     Sifat-sifat JavaScript antara lain adalah :
  • Prototype-based, maksudnya adalah bahasa ini menggunakan style dimana class tidak ada (not exist). maka, cara penggunaan ulang behavior (kalau di class-based, namanya inheritance) dilakukan dengan proses cloning terhadap object yang ada yang  bertindak sebagai prototype.
  • Dinamismaksudnya adalah bahasa programming yang sifatnya high-level, dan cenderung diinterpretasikan oleh program lain pada runtime. Berbeda dengan bahasa programming biasanya yang di compile oleh processor komputer sebagai bahasa pemrograman lain (C dan C++).
  • Weak Typing, initinya adalah kita bisa konversi tipe data apa aja ke tipe data apa aja. (wah, jadi berasa becanda ini wkwkwk) masih banyak juga sih arti lain Weak Typing, ya saya jelasin yang ini aja deh :p
  • First-class function, jadi sebuah programming language itu bisa dibilang memiliki sifat first-class function jika function itu sendiri dianggap sebagai first-class citizen. Nah, first-class citizen ini... silahkan baca di Wiki sendiri :p

No comments:

Post a Comment