Friday, October 26, 2012

Web Hosting

   Web Hosting merupakan suatu jasa yang diberikan untuk penyewaan tempat di Web. Jasa ini diberikan oleh perusahaan yang spesialis di bidang Web Hosting (silahkan cek mbah
gugel kalo mau liat lebih jelasnya :) ). Penyewaan tempat ini biasa diukur dalam hitungan kapasitas data (MB,GB,TB), jadi data yang diletakkan di tempat ini bisa diakses oleh orang-orang dari mana saja (biasanya dalam bentuk web page).
   Dalam Web Hosting ini, kita memerlukan sebuah server. Server disini bisa kita dapatkan dengan memiliki sebuah komputer biasa, lalu menginstal program-program dasar sebuah server didalamnya (contohnya saja Windows Server edition). Salah satu masalah dalam pengadaan server disini adalah, komputer yang dijadikan server harus siap nyala 24 jam tiap harinya dalam waktu lama (intinya, komputer ini akan nyala lebih lama dari komputer biasanya). Karena itu, perusahaan Web Hosting menyediakan jasa server.
   Layanan hosting di bagi menjadi beberapa jenis, yaitu...
  1. Shared Hosting, dari namanya saja harusnya bisa ditebak. Hosting ini maksudnya menggunakan server hosting bersama-sama dengan pengguna lain (dalam hal server), tapi masih beda domain. Jadi dalam 1 server ini, akan memiliki beberapa account yang berbeda nama dan usernamenya.
  2. VPS/ Virtual Private Server, merupakan proses virtualisasi dari environment suatu OS yang digunakan oleh server. Hal ini memungkinkan kita untuk menginstal OS yang dapat berjalan dalam OS lainnya (secara virtual).
  3. Dedicated Server, adalah penggunaan server yang dikhususkan untuk aplikasi yang lebih besar dan tidak bisa dioperasikan dalam shared hosting atau VPS. Dalam hal ini, penyediaan server ditanggung oleh perusahaan hosting yang biasanya bekerja sama dengan vendor.
  4. Colocation Server, adalah layanan penyewaan tempat untuk meletakkan server yang dipergunakan untuk hosting. Server disediakan oleh pelanggan yang biasanya bekerja sama dengan vendor.

No comments:

Post a Comment